Blogger Widgets

Kamis, 03 Maret 2016

Petunjuk Praktis Cara Mencuci BH yang Benar

Beha (bra) merupakan salah satu jenis pakaian yang sensitif. Bentuknya perlu dipertahankan dengan cara mencucinya secara benar seperti dijelaskan di sini.
Sebagaimana pakaian dalam lain, bra atau beha atau BH perlu dicuci secara teratur mengingat lokasi pemakaiannya. BH dikenakan bersentuhan langsung dengan kulit sehingga menyerap keringat dan minyak tubuh, apalagi pada bagian yang berada di bawah ketiak. Elastisitas tali bra yang terbuat dari bahan karet sangat rentan rusak karena minyak tubuh dan panas. Sedangkan kap bra berisiko penyok jika tidak dicuci secara benar.
Terdapat dua opsi dasar untuk mencuci bra, yaitu memakai mesin cuci dan dengan tangan. Keduanya sama-sama berpotensi merusak beha jika Anda tidak mengerjakannya secara hati-hati.

Cara Mencuci Bra yang Benar Memakai Mesin Cuci

  1. Pasang semua pengait tali beha agar tidak membelit cucian lain di dalam mesin cuci.
  2. Masukkan bra ke dalam kantong cuci bra. Perlengkapan ini berupa wadah berpenutup dan berbahan jaring untuk membantu menjaga bentuk kap beha. Jika Anda mencuci lebih dari satu bra, tumpuk bra sesuai bentuknya untuk menghemat ruang di dalam kantong cuci bra dan mencegah kap menjadi penyok.
  3. Masukkan kantong cuci tersebut ke dalam mesin cuci. Anda bisa mencucinya terpisah atau bersama cucian-cucian ringan lain, misalnya celana dalam, sapu tangan, dan kaus kaki.
  4. Tambahkan deterjen sesuai muatan mesin cuci. Kalau Anda hanya mencuci bra tanpa cucian lain, Anda cukup memakai sekitar satu sendok teh deterjen. Sesuaikan takaran ini jika mesin cuci berisi lebih banyak cucian.
  5. Jalankan mesin cuci pada siklus cuci handwash atau delicate (biasanya bertanda gambar baju bayi) memakai air bersuhu biasa.

Cara Cuci Bra dengan Tangan

  1. Isi wastafel bersih atau ember cuci dengan air secukupnya untuk merendam keseluruhan bra.
  2. Tuangkan satu sendok teh deterjen lembut. Aduk untuk melarutkannya.
  3. Masukkan bra hingga semua bagiannya berada di bawah permukaan air. Hindari menekan kapnya. Posisi kap terbuka ke atas lebih baik daripada telungkup. Biarkan selama 10-15 menit.
  4. Guncang-guncang perlahan beha di dalam air untuk menyingkirkan kotoran yang sudah terlepas, lalu angkat.
  5. Bilas BH di bawah aliran air keran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar