Blogger Widgets

Kamis, 03 Maret 2016

Cara Membuat Susu Kedelai Dengan Mudah

Cara-Membuat-susu-kedelai-lezat
Memang susu kedelai sudah banyak dijual di pasaran, namun tidak ada salahnya mencobacara membuat susu kedelai terutama jika Anda meragukan kualitas susu yang ditawarkan baik kalengan buatan pabrik atau yang dijual di pasar. Berikut bahan-bahan yang harus disiapkan.
Bahan untuk membuat susu kedelai:
  • Kacang kedelai (1/2 kg)
  • Garam dan gula pasir
  • Vanili (1 bungkus)
Alat yang perlu dipersiapkan:
  • Blender
  • Kain serbet tipis atau saringan
  • Panci
  • Kompor

Cara membuat susu kedelai yang enak:

  1. Bersihkan dan cuci kacang kedelai terlebi dahulu. Setelah itu, kacang direbus selama lima belas menit saja.
  2. Untuk membuat kacang kedelai lunak dan mudah dikupas kulinya, maka selama kurang lebih 10 sampai dengan 12 jam kedelai harus direndam di dalam air terlebih dahulu sebelum diolah.
  3. Setelah 10 atau 12 jam, angkat dan saring kedelai. Cuci kembali kacang sambil agak diremas-remas agar kulit kedelai mengelupas.
  4. Blender kacang kedelai dengan air secukupnya sampai halus. Masukkan air panas kemudian dengan menggunakan saringan, saring kedelai. Pastikan ampas kedelai terpisah.
  5. Cara membuat susu kedelai sendiri sebenarnya sudah selesai, namun untuk membuat susu benar-benar bersih dari bakteri, maka Anda perlu merebus susu tersebut sekali lagi. Selain itu cara ini juga efektif menghilangkan bau kacang itu sendiri.
  6. Rebus kacang kedelai hingga mendidih, kecilkan api dan aduk-aduk agar sari kedelai tidak mengendap. Lakukan hal tersebut paling tidak 15 menit, cara ini juga akan membuat susu lebih awet.
  7. Masukkan garam dan gula sesuai selera sebagai penambah ras, tidak ketinggalan vanilinya agar aroma lebih harum.
  8. Sajikan susu kedelai dalam keadaan dingin ataupun sedikit hangat.
Itulah cara membuat susu kedelai rumahan yang dapat dilakukan sendiri. Selain itu, kami akan berikan resep minuman susu kedelai yang nikmat.
Resep Minuman Susu Kedelai
Bahan:
  • Susu kedelai (2 cangkir)
  • Madu (1/4 cangkir)
  • Teh putih rasa peach (8 kantong)
  • Irisan buah persik (3 cangkir)
Cara membuat resep minuman kedelai:
  1. Susu kedelai dipanaskan tapi jangan sampai mendidih. Aduk susu dan tambahkan 8 kantong teh putih rasa peach yang tadi sudah disiapkan. Biarkan teh meresap ke dalam susu selama kurang lebih 5 menit.
  2. Setelah teh celup disingkirkan, simpan susu kedelai di dalam lemari es agar dingin selama kurang lebih 15 menit atau 20 menit.
  3. Blender susu kedelai yang sudah dingin dengan irisan buah persik dan tambahkan madu. Pastikan susu kedelai berserta bahan-bahan tadi diblender sampai halus. Susu kedelai siap disajikan dengan cita rasa berbeda.
Itulah cara membuat susu kedelai beserta tips olahan minuman susu kedelai yang bisa dicoba sendiri di rumah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar